-->

Iklan header

Pengenalan Microsoft Access 2007 Bagi Pemula - BorneoTutorials

Microsoft access 2007 merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah database. Dimana Ms Access 2007 ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dengan menampilkan tampilan yang berbeda dengan Microsoft Access 2013.

Untuk mengawali bekerja dengan Microsoft  Access sebagai berikut :

1. Pilih dari tombol start

2. Pilih menu program dan masuk ke submenu program

3. Pilih Microsoft Accsess 2007 seperti dibawah :

Pengenalan Microsoft Access 2007 Bagi Pemula


Setelah Microsoft Access 2007 aktif maka untuk memulai membuat database baru :
1. Klik tomboll office button dan pilih New  atau klik Blank Database.

2. Pada pojok kanan bawah terdapat :
  • Pada kotak teks File Name isikan nama file Ms Acces-nya misalkan “data perusahaan” dimana akhirannya       yaitu “accdb” akan otomatis dibuat oleh Ms. Access (untuk versi dibawahnya akhirannya adalah "MDB"). 
  • Pada gambar folder disebelah kanannya silahkan di klik untuk menentukan tempat penyimpanan database silahkan mau diarahkan ke mana.
  • Klik tombol Create jika sudah selesai semuanya
Pengenalan Microsoft Access 2007 Bagi Pemula

Setelah itu silahkan anda coba untuk membuat table dimana tabel  adalah tempat untuk menyimpan data berdasarkan kategori data yang anda buat.

Tabel adalah tempat atau ruang yang digunakan untuk meletakkan dan menyimpan data. Satu baris data disebut juga dengan istilah Record.

Langkah Pembuatan Table Baru

Apa yang harus dilakukan pertama kali setelah masuk ditampilan Ms Access?

Karena Ms Access sebagai pengolah database, maka pertama kali adalah membuat sebuah tabel baru, dengan cara sebagai berikut:

1. Pilih tab Create

2. Pilih salah satu model pembuatan table yang diinginkan seperti table design dan lain-lain

Pengenalan Microsoft Access 2007 Bagi Pemula


Membuat tabel (datasheet view) dimana datanya diketik terlebih dahulu setelah itu baru mengatur sturktur tabel. Untuk membuat tabel lebih detail silahkan baca juga: Cara membuat tabel secara lengkap di Ms Access 2007.

Pengenalan Microsoft Access 2007 Bagi Pemula

Untuk merubah judul kolom/field name seperti Field1 menjadi “NIM” maka double klik pada judul kolom yang akan diganti dan ketikkan nama baru yang diiinginkan.

Untuk menyimpan silahkan klik tombol save di kiri atas (samping tombol office) maka akan tampil :

Pengenalan Microsoft Access 2007 Bagi Pemula
Ketikkan nama tabel nya misalkan tabel siswa dan klik tombol OK.

Bagaimana kalau nama tabel yang sudah disave ternyata salah, dan ingin sobat ganti nama tabelnya, maka untuk merubah nama tabel tersebut silahkan klik kanan pada tabel dan pilih menu "Rename", dan ketikkan nama tabel baru, kemudian tekan tombol "Enter".

Bagaimana jika ingin menghapus tabel tersebut?

Cukup mudah untuk menghapus tabel yaitu dengan cara pilih tabel yang akan dihapus dan tekan tombol |"Delete" atau klik kanan pada tabel dan pilih menu "Delete".

Jika ingin mengedit struktur tabel silahkan klik tombol Design View, dan jika ingin mengedit atau menambahkan data baru maka klik tombol View. Itulah uraian singkat tentang pengenalan Microsoft Access 2007 bagi pemula. Untuk membuat Form Login juga membutuhkan tabel untuk menyimpan data user yang berhak untuk login, dan Inilah cara membuat Form Login di Ms Access 2007-2013.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel