-->

Iklan header

Cara Mengatur Switchboard Manager di Ms Access 2007

Switchboard Manager


Switchboard manager merupakan salah satu fasilitas dari Ms Access 2007 yang dapat digunakan untuk membuat menu dan submenu, dimana menu dan submenu tersebut ditampilkan dalam sebuah form. Untuk menjalankan Switchboard manager silahkan klik Switchboard pada kelompok form. Sekarang bagaimana caranya mengatur Switchboard manager di Ms Access 2007 agar pada saat file Ms Access dijalankan maka Swithboard tersebut tampil secara otomatis dan tampilan yang tidak dibutuhkan tidak ditampilkan pada database yang sedang dibuka.

Cara Mengatur Switchboard Manager


Sebelum melakukan pengaturan Switchboard manager, maka pastikan bahwa menu dan submenu yang sudah dibuat dengan benar, mengapa? agar nantinya tidak mengatur berulang-ulang.

Cara setting atau mengatur Switchboard Manager di Ms Access 2007 yaitu :

1. Jalankan Aplikasi Ms Access 2007 dan buka file database yang digunakan

2. Klik tombol Office dan klik Tombol Access Options dibagian menu paling bawah yang akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Cara-Mengatur-Switchboard-Manager-di-Ms-Access-2007


3. Sebelum mengatur Switchboard manager, agar tampilannya dapat diatur ukurannya maka setelah melakukan langkah 2 (dua) pilih menu "current database"  dan klik "overlapping windows" seperti pada gambar dibawah ini :
Cara-Mengatur-Switchboard-Manager-di-Ms-Access-2007


4. Setelah itu klik tombol Ok dan tutup aplikasi Ms Acccess Anda, dan jika ada konfirmasi klik tombol OK

5. Buka kembali file database Ms Access, dan coba jalankan Switchboard dengan melakukan klik switchboard pada grup form dan lihat hasilnya setelah itu silahkan anda atur ukurannya apakah dikecilkan atau dibesarkan atau mengatur warna backgroundnya (untuk menampilkan switchboard harus di klik terlebih dahulu)

6. Setelah itu ulangi langkah 2 (dua) dan klik menu "current database"

7. Pada menu Display form disebelah kanan pilih switchboard seperti gambar dibawah ini:
Cara-Mengatur-Switchboard-Manager-di-Ms-Access-2007


8. Anda boleh mengatur yang lainnya seperti menghilangkan tanda centang pada yaitu
- Display Navigation Panel
- Allow full menus
- Allow Default shortcut menus

Jika sudah selesai silahkan Anda Oke dan tutup Ms Access dan kembali buka file database Ms Access Anda, maka akan tampak tampilan seperti gambar dibawah ini (bedakan tampilan Ms Access dengan sebelum Anda melakukan pengaturan)  :
Cara-Mengatur-Switchboard-Manager-di-Ms-Access-2007

Seperti itulah cara mengatur Switchboard manager di Ms Access 2007, dan Anda dapat mencoba dengan mengatur pada menu yang lainnya agar tampak lebih menarik yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk lebih mudah silahkan melihat video tutorialnya disini. Baca juga cara membuat menu dengan submenu dengan Switchboard manager di Ms Access 2007. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi mereka yang belajar Ms Access 2007.

0 Response to "Cara Mengatur Switchboard Manager di Ms Access 2007"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel