-->

Iklan header

Cara Menambahkan Parameter Query Di Ms Access 2007

Parameter Query Di Ms Access 2007|Parameter di Query merupakan suatu fasilitas dari query yang dapat digunakan untuk membuat sebuah filter data yang akan ditampilkan. Dengan bantuan parameter Anda dapat menampilkan data yang diinginkan. 

Untuk parameter sendiri hampir sama dengan kriteria pada Query (baca juga tentang query), dimana untuk kriteria pada saat query dijalankan maka data langsung tampil, sedangkan paramter jika query ditampilkan maka data tidak langsung tampil akan tetapi akan tampil sebuah form konfirmasi yang memberikan informasi kepada Anda untuk memasukkan data yang akan ditampilkan. Pada artikel ini akan dibahas cara menambahkan parameter query di Ms Access 2007.

Cara Menambahkan Parameter Query

Langkah-langkah untuk menambahkan parameter query yaitu :
1. Jalankan Ms Access 2007 dan buka database yang digunakan. Pada tutorial ini database yang digunakan sama seperti pada artikel sebelumnya seperti gambar dibawah ini :

Tabel Kasir 

Parameter-Query


2. Buatlah query dengan menggunakan mode design atau simple query wizard tergantung keinginan Anda. Kemudian masukkan semua field seperti gambar diatas atau mulai field kode kasir s/d kota saja, dan jika ditampilkan hasil sementara query sama seperti tampilan tabel kasir (lihat gambar tabel kasir)

3. Jika sudah selesai pada langkah 2 (dua) maka ubah dalam mode design

4. Pada kolom field kota di baris criteria silahkan Anda tambahkan parameter dengan perintah : 
[Ketikkan nama kota yang dicari : ] seperti gambar dibawah ini :

Parameter-Query


5. Setelah rumus parameter query dimasukkan maka silahkan tampilkan query dengan klik tombol view maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Cara-Menambahkan-Parameter-Query-Di-Ms-Access-2007


6. Pada tampilan konfirmasi gambar diatas silahkan Anda ketikkan nama kota yang akan ditampilkan datanya misalkan pada tutorial ini nama kota yang dicari adalah malang maka hasil query akan menampilkan khusus data dari kota malang saja, seperti gambar dibawah ini :

Cara-Menambahkan-Parameter-Query-Di-Ms-Access-2007

Itulah artikel tentang cara menambahkan parameter query di Ms Access 2007 secara sederhana. Pada artikel selanjutnya akan dibahas tentang kriteria di query. Jadi kesimpulannya adalah bahwa query dengan parameter dapat menampilkan data tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Agar lebih jelas dapat melihat video tutorial disini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca yang belajar Ms Access 2007 khususnya bagi  para pemula. Baca juga artikel lainnya tentang Action query di Ms Access 2007.

0 Response to "Cara Menambahkan Parameter Query Di Ms Access 2007"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel