-->

Iklan header

Cara Membuat Query Update Stok Barang Dengan Microsoft Access 2013

Borneotutorials - Selamat datang di blog borneotutorials dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Pada artikel postingan kali ini, saya akan membahas tentang Cara membuat Query Update Stok Barang dengan menggunakan Microsoft Access 2013.

Fungsi dari perintah ini adalah untuk merubah data stok barang pada tabel barang melalui sebuah form yaitu form transaksi. Kemudian pada form transaksi tambahkan tombol (button) yang fungsinya adalah memanggil action query tersebut.

Pada saat tombol (teks pada tombol adalah SIMPAN) di tekan maka tombol akan memanggil Action query tipe Update yang secara otomatis merubah jumlah stok pada tabel barang.

Sebelum membuat Action query maka hendaknya Anda memahami dulu fungsi dari action query yang terdiri-dari Make table query, Update query, Delete query dan Append query. Pada dasarnya action query ini mempunyai banyak manfaat tidak hanya sekedar untuk merubah data seperti yang saya tampilkan disini, tapi masih banyak fungsi lainnya.

Langkah-langkah secara Umum yaitu:
1. Anda siapkan dulu tabel yang dibutuhkan seperti tabel barang, tabel penjualan atau pembelian, tabel detail dan tabel lainnya jika ada.

2. Buatlah Relationship antar tabel yang dibutuhkan

3. Buatlah sebuah form penjualan seperti dibawah ini:

Cara-Membuat-Query-Update-Stok-Barang-borneotutorials


4. Buatlah Action query tipe Update seperti dibawah ini:


Cara-Membuat-Query-Update-Stok-Barang-borneotutorials


5. Tambahkan tombol (Button) yang memanggil Action query tipe Update

Itulah sedikit pengetahuan saya tentang query yang fungsinya untuk merubah data stok barang pada suatu tabel dengan menggunakan tipe Update dari suatu Form. Jika belum jelas Anda dapat melihat videonya disini. Untuk mendownload file database tutorials postingan ini silahkan menuju link download dibawah ini:

Klik link : Download

atau
File Database Ms Access: Klik Disini
 
Buat para pengunjung yang mengalami masalah dalam mendownload file tutorials Microsoft di blog jika terjadi link error silahkan komentar dan saya akan berusaha untuk memperbaiki link download tersebut, terima kasih atas kunjungannya di blog ini.

0 Response to "Cara Membuat Query Update Stok Barang Dengan Microsoft Access 2013"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel