-->

Iklan header

Tips Ampuh Mengecek dan Menganalisa Website Bagi Pemula - BorneoTutorials

Mengelola sebuah website tentunya harus dilakukan dengan cermat dan sabar. Para pengelola website tidak hanya sekedar memposting artikel, menemukan keyword yang tepat, menaikkan Page Rank, dan meningkatkan traffic, akan tetapi harus menganalisa website yang mereka kelola untuk mengetahui kondisi website tersebut.

Apa saja yang harus dilakukan dalam mengelola website?

Ada beberapa tips ampuh dalam menganalisa sebuah website yang dapat kalian lakukan khususnya para pemula yaitu :

Optimize Website Speed

Cobalah untuk menganalisa website kalian dengan mengecek terlebih dahulu kecepatan website atau blog kalian terlebih dahulu apakah mempunyai nilai diatas 80 atau sebaliknya.

Jika dibawah nilai 80 hasil testnya cobalah untuk mengganti template atau memperbaiki script yang tidak begitu penting dan dapat menghambat kecepatan loading sebuah website.

Website apa saja yang menyediakan fasilitas tersebut?

Inilah website yang dapat kalian gunakan untuk mengecek kecepatan loading website :

1. Menggunakan PageSpeed Insights

PageSpeed Insights yang dimiliki oleh Google ini memberikan banyak informasi tentang kondisi sebuah website dalam hal menganalisa kecepatan loading website.

Langkah-langkah menggunakan PageSpeed Insights yaitu:


  • Ketik di pencarian Google yaitu Google Speed
  • Pada kolom analisis ketikkan alamat URL website atau blog  dan klik tombol Analisis

Tips Ampuh Mengecek dan Menganalisa Website Bagi Pemula

  • Tunggu sampai proses pengecekan selesai, dan perhatikan informasi yang ditampilkan tentan kondisi website kalian
  • Setelah selesai akan ditampilkan informasi apakah dalam mode tampilan Selular atau tampilan Desktop tentang nilai kecepatan loading website dan terkadang nilainya berbeda-beda.

Tips Ampuh Mengecek dan Menganalisa Website Bagi Pemula

2.  Menggunakan GTmetrix

Sama seperti PageSpeed Insights fungsinya GTmetrix untuk mengetahui kecepatan loading sebuah website.

Langkah-langkah menggunakan GTmetrix yaitu:
  • Ketik alamat URL : https://gtmetrix.com
Tips Ampuh Mengecek dan Menganalisa Website Bagi Pemula
  • Ketikan alamat URL website dan klik tombol Analyze, dan perhatikan hasil dari analisa kecepatan website kalian.

Tips Ampuh Mengecek dan Menganalisa Website Bagi Pemula

Dari hasil test yang kalian lakukan maka GTmetrix akan menampilkan informasi secara lengkap kecepatan website dan informasi lainnya tentang performance dan page website kalian.

Check Website SEO Optimization

Setelah melakukan pengecekan terhadap kecepatan sebuah website, maka cobalah untuk melakukan pengecekan tentang pengoptimalan SEO sebuah website .

Tahukah kalian apa itu SEO ?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu proses tingkat visibilitas dalam menampilkan kondisi website atau halaman web pada mesin pencarian seperti Google.

Menurut para pakar SEO ada banyak hal yang dianjurkan dalam memaksimalkan  SEO di sebuah website seperti pengaturan struktur website, tautan, penulisan ALT di image, kecepatan loading, sampai dengan menentukan keyword.

Salah satu tool gratis yang dapat digunakan untuk melakukan analisa dalam memaksimalkan SEO website adalah Google Webmaster Tools (link : google webmastertools).

Google Webmaster Tools ini merupakan sebuah situs  yang menampilkan secara singkat tentang proses Google menampilkan hasil pencarian, dan apakah konten tersebut relevan dengan dengan keyword pada website tersebut atau tidak.

Untuk mengecek sebuah konten, kalian dapat memasukkan alamat URL konten, dan akan ditampilkan informasi apakah konten website tersebut masuk kualifikasi standar SEO Google atau tidak.

Caranya bagaimana? Silahkan gunakan menu Fetch as Google  di tampilan versi lama dan untuk tampilan versi terbaru cek disini.

Itulah tools gratis dari Google yaitu Google Webmaster Tools yang dapat kalian gunakan atau boleh juga menggunakan Bing Webmaster Tools.

Check Website Status/Down

Bagi kalian yang bekerja menggunakan sebuah website maka wajib mengecek status website apakah aktif atau tidak.

Pada saat mencari sebuah konten dan membuka link website terkadang loadingnya lama atau tidak dapat diakses, bisa jadi website tersebut down. Terkadang traffic website ternyata menurun secara drastis yang mengakibatkan kerugian bagi si pemilik website.

Jangan bingung dulu, website down bisa disebabkan oleh serangan hacker, serangan DDoS, kunjungan ke website yang tidak wajar, atau faktor lainnya.

Sangat penting melakukan pengecekan website, apalagi website tersebut merupakan bagian penting bagi bisnis kalian. Selain itu website juga butuh traffic yang bagus lho.

Inilah beberapa tools gratis untuk mengecek status website yaitu:

Freesitestatus.com :  website ini dapat digunakan secara gratis bagi kalian yang ingin mengecek status website. Cukup dengan mengetikkan URL website dan ikuti arahan selanjutnya.

Kalian akan diberikan informasi tentang status website dan hasil kinerja website, IP dan lokasi website, serta infomasi dalam model grafik.

Website Analyzer

Website Analyzer merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui secara lengkap informasi tentang sebuah website. Jangan lupa bahwa kalian juga harus mempunyai Backlink agar SEO website kalian bagus di mata pencarian seperti Google.

Situs gratis yang dapat kalian gunakan adalah dari Neipatel

Hasil yang kalian dapatkan disini adalah informasi kecepatan loading blog dalam tampilan desktop, tablet, dan phone.  Selain itu nilai dari analisa SEO dihalaman website apakah ada tautan yang error, peringatan, dan tautan yang berjalan dengan baik, dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulan

Untuk meningkatkan visibilitas hasil pencarian di mesin pencari Google, maka yang harus kalian lakukan adalah dengan memaksimalkan analisa website secara terus-menerus dan gunakan teknik SEO sesuai aturan algorithma Google. Terdapat beberapa Keyword Tool Unik yang dapat kalian gunakan dalam membangun sebuh website.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel