-->

Iklan header

Cara Membuat Form Pencatatan Barang Masuk dan Keluar Ms Access

Pencatatan Barang Masuk dan Barang Keluar merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan disebuah perusahaan/instansi. Tentunya semua itu membutuhkan aplikasi khusus dalam mengolah data barang tersebut.

Pencatatan data ini dapat dilakukan di Ms Excel atau Ms Access, atau membeli progam jadi dari seorang programmer. Tahukah Anda Cara Membuat Form Pencatatan Barang Masuk dan Keluar Ms Access?

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

Pencatatan data barang ini sangat penting, karena dapat memberikan informasi tentang jumlah barang apakah sesuai atau tidak, dan juga kalian dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk kedepannya.

Bagaimana Cara membuat Form pencatatan barang masuk dan barang keluar yang mudah dan sederhana dengan Ms Access 2013?

Persiapan Sebelum Membuat Form Pencatatan Barang Masuk dan Keluar

Alangkah baiknya sebelum membuat aplikasi tersebut di Ms Access 2013, kalian mengetahui dulu apa saja yang harus dipersiapkan, sebagai berikut:

1. Persiapkan Tabel yang dibutuhkan 
Ada beberapa tabel yang dibutuhkan misalkan tabel barang (untuk mencatat data barang), tabel barang masuk (untuk mencatat data barang masuk), dan tabel barang keluar (untuk mencatat data barang keluar).

2. Membuat Form Pendukung
Setelah tabel selesai dibuat maka buatlah Form yang akan digunakan untuk mencatat data barang, data barang masuk dan data barang keluar.

3. Membuat Report/Laporan
Yang terakhir adalah membuat report/laporan dalam menampilkan informasi stok barang baik barang masuk, barang keluar, serta berapa stok awal dan stok akhir berdasarkan kode barang.

Cara Membuat Aplikasi Barang Masuk dan Barang Keluar Sederhana

Yuk, simak cara membuat aplikasi barang masuk dan barang keluar dengan cara yang mudah dan sederhana sebagai berikut:

Langkah Pertama:
Buatlah beberapa tabel yaitu tabel yang dibutuhkan sebagai berikut:

form-pencatatan-barang-masuk-keluar


Langkah Kedua:
Membuat Form Pendukung seperti Form Barang (untuk mencatat data barang), Form Barang Masuk (untuk mencatat data barang masuk), dan Form Barang Keluar (untuk mencatat data barang keluar) serta form utama mode tab.

  • Form Barang : Buatlah form barang yang diambil dari tabel barang seperti gambar dibawah ini:


form-pencatatan-barang-masuk-keluar


  • Form Barang Masuk: Buatlah form barang masuk yang diambil dari tabel barang masuk seperti gambar dibawah ini:
form-pencatatan-barang-masuk-keluar



  • Form Barang Keluar: Buatlah form barang keluar yang diambil dari tabel barang keluar seperti gambar dibawah ini: 

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

Silahkan pada setiap form kalian tambahkan tombol-tombol yang sekiranya dibutuhkan dalam proses pencatatan data barang dll.

Form Utama: Buatlah form utama (tidak wajib) yang digunakan untuk menampilkan semua form menjadi satu tampilan dengan fungsi tombol "Tab" dan hasilnya seperti gambar dibawah ini:

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

Langkah Ketiga: 
Buatlah Query khususnya untuk barang masuk dan barang keluar sebagai berikut:

  • Buatlah query barang masuk menggunakan query design dimana datanya diambil dari tabel masuk dan tambahkan parameter untuk mengetikkan kode barang seperti gambar berikut:

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

  • Buatlah query barang keluar sama seperti membuat query barang masuk, seperti gambar berikut:

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

Langkah KeEmpat:
Buatlah Report/laporan untuk menampilkan informasi kejadian kegiatan data barang masuk dan data barang keluar sebagai berikut:

  • Buatlah Report/laporan barang masuk dimana datanya diambil dari Query barang masuk dan atur desainnya seperti gambar dibawah:

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

  • Buatlah Report/laporan barang keluar dan datanya dari Query barang keluar dengan desain yang sama seperti diquery barang masuk seperti gambar berikut:

form-pencatatan-barang-masuk-keluar

Langkah KeLima: 
Hasil akhirnya adalah panggilah report melalui tombol "Open Report" di Form masing-masing. Maksudnya di Form Barang Masuk tambahkan tombol "Button" untuk memanggil report barang masuk dan juga sama untuk Form barang keluar.

Prosesnya seperti gambar dibawah ini:
form-pencatatan-barang-masuk-keluar

Kesimpulan

Bahwa dalam kegiatan diperusahaan dibutuhkan pencatatan data barang, data barang masuk, dan data barang keluar untuk menampilkan informasi kejadian dalam setiap pencatatan data barang. Untuk membuat aplikasi tersebut dapat dilakukan melalui Ms Excel atau Ms Access 2013 dengan cara yang mudah dan sederhana bagi para pemula yang ingin belajar Ms Access 2013. Melengkapi tampilan awal dari aplikasi kalian dapat menambahkan Form Login Ms Access 2013. Itulah ulasan singkat tentang Cara Membuat Aplikasi Pencatatan Barang Masuk dan Barang Keluar Sederhana khususnya bagi pemula dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Form Pencatatan Barang Masuk dan Keluar Ms Access"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel