-->

Iklan header

Cara Membuat Action Query Tipe Append

Action Query : Menambahkan Data Table


Action Query merupakan fasilitas dari Ms Access 2007 yang dapat digunakan untuk mengolah data pada tabel, dengan begitu dapat dipahamai bahwa untuk membuat Action Query Anda harus mempersiapkan tabel terlebih dahulu, dikarenakan pada data pada tabel tersebut akan digabung dengan data pada tabel lain atau hanya pada tabel tersebut. Sedangkan kegunaan dari Action Query sendiri banyak sekali manfaatnya tergantung dari penggunaan pada data yang diolah. Sebenarnya Action Query ini tidak jauh berbeda dengan Query (cara membuat query) karena masih 1 (satu) object dengan Query.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Action query tipe Make table dan Action Query tipe Delete. Pada posting sekarang ini akan saya bahas tentang cara membuat Action Query tipe Append yaitu bagaimana cara menambahkan data pada tabel tertentu berdasarkan kriteria/syarat yang ditentukan.

Cara membuat jenis Append secara sederhana yaitu :

1. Jalankan Ms Access 2007  dan buka database yang digunakan

2. Klik tombol option kemudian pilih enable dan klik tombol Ok seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Append

 3.  Pada tutorial ini menggunakan tabel hasil rekap yang pada artikel sebelumnya datanya dihapus berdasarkan kriteria total kurang dari 100.000. Sekarang data yang sudah terhapus ditambahkan lagi dengan syarat atau kriteria yang total kurang dari 100.000.

4.  Buat query baru dengan menggunakan design dengan cara klik tab create dan klik tombol design pada kelompok query

5.   Masukkan tabel yang dibutuhkan pada saat membuat tabel rekap data  (action query tipe Make table query), seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Append

Untuk kolom Total  silahkan Anda tambahkan sendiri dengan rumus seperti pada gambar diatas
Dalam memasukkan field tersebut urutan field harus sama dengan urutan field pada tabel rekap data yang akan ditambahkan datanya.

6.  Pada kolom Total baris Criteria ketikkan rumus sebagai berikut :  ">100000"

7. Pada toolbar bagian atas tepatnya pada tab Design klik tombol Append sehingga akan tampil konfirmasi dan pilih tabel rekap data (tabel yang ditambahkan datanya) seperti gambar dibawah ini :


Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Append


8.  Kemudian klik tombol OK dan setelah itu klik tombol RUN dan akan tampil konfirmasi yang menunjukkan jumlah record yang akan ditambahkan ke tabel rekap data (dari hasil action query) klik tombol Yes. Untuk melihat hasilnya silahkan buka tabel rekap data seperti gambar dibawah in :

Tabel Rekap Data sebelumnya :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Append


Tabel Rekap data setelah dijalankan Action query Tipe Append :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Append


Itulah bagaimana cara membuat Action Query tipe Append yang fungsinya untuk menambahkan data ke tabel dengan menggunakan kriteria atau syarat tertentu. Agar lebih jelas dapat melihat Video Tutorialnya disini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi para pemula yang belajar Ms Access.

0 Response to "Cara Membuat Action Query Tipe Append"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel