-->

Iklan header

Cara Membuat Action Query Tipe Menghapus Data Tabel

Action Query Tipe Menghapus Data Table


Action Query merupakan fasilitas dari Ms Access 2007 yang dapat digunakan untuk mengolah data pada tabel, dengan begitu dapat dipahamai bahwa untuk membuat Action Query Anda harus mempersiapkan tabel terlebih dahulu, dikarenakan pada data pada tabel tersebut akan digabung dengan data pada tabel lain atau hanya pada tabel tersebut. Sedangkan kegunaan dari Action Query sendiri banyak sekali manfaatnya tergantung dari penggunaan pada data yang diolah. Sebenarnya Action Query ini tidak jauh berbeda dengan Query (cara membuat query) karena masih 1 (satu) object dengan Query. Pada posting sekarang ini akan saya bahas tentang cara membuat Action Query tipe menghapus data pada tabel berdasarkan kriteria/syarat yang ditentukan. Untuk Action query tipe delete query atau menghapus data tabel maka anda hanya cukup mempersiapkan tabel yang akan dihapus saja.

Cara membuat jenis Make Table Query secara sederhana yaitu :

1. Jalankan Ms Access 2007  dan buka database yang digunakan

2. Klik tombol option kemudian pilih enable dan klik tombol Ok seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Menghapus-Data-Tabel


3. Klik tab Create dan klik tombol Query Design

4. Masukkan tabel yang digunakan atau tabel yang akan dihapus datanya, seperti pada tutorial ini tabel yang digunakan adalah tabel hasil dari action query yaitu membuat tabel baru (lihat artikel sebelumnya) yaitu tabel Hasil Rekap seperti gambar di bawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Menghapus-Data-Tabel


5. Masukkan semua field mulai dari nota sampai.dengan field total ke dalam baris field sesuai dengan urutannya field pada tabel hasil rekap

6. Setelah itu klik tombol Action Query yaitu Delete seperti gambar dibawah :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Menghapus-Data-Tabel



7. Kemudian pada kolom field total dan baris delete isikan syarat atau kriteria pada data yang akan dihapus misalkan pada contoh tutorial ini data yang dihapus adalah data yang Total dibawah 100.000 maka harus diketik kriteria seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Menghapus-Data-Tabel

8. Klik tombol RUN untuk menjalankan perintah action query dan akan tampil konfirmasi tentang jumlah data yang akan dihapus dan klik tombol yes. Untuk melihat hasilnya silahkan buka tabel hasil rekap, dan datanya akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Menghapus-Data-Tabel

Seperti itulah cara membuat Action Query tipe Delete  atau menghapus data tabel. Anda dapat berkreasi dengan menambahkan kriteria lainnya. Setelah itu saya mencoba untuk membuat kembali Action query dengan tipe Update query. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca blog ini. Agar lebih jelas dapat dilihat video tutorialnys disini.

0 Response to "Cara Membuat Action Query Tipe Menghapus Data Tabel"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel