-->

Iklan header

Pengenalan AUTOCAD 2007 Basic Bagi Pemula - BorneoTutorials

Bekerja dengan komputer memang banyak sekali yang harus diketahui tergantung dari bidang pekerjaan yang sedang dijalani. Jika sobat beraktifitas yang berhubungan surat menyurat atau dokumen dapat mempelajari Microsoft Word, kegiatan perhitungan rumus atau angka dapat menggunakan Microsoft Excel, jika pengolahan database dapat menggunakan Microsoft Access.

Pengenalan AUTOCAD 2007 Basic Bagi Pemula


Kali ini khusus sobat yang berkecimpung didunia teknik seperti teknik sipil, teknil arsitektur, dan teknik mesin atau mendesain sebuah produk yang membutuhkan perhitungan akurat maka saran saya gunakan aplikasi Autocad.

Apa itu aplikasi AutoCad?

AutoCad adalah aplikasi yang digunakan untuk mendesain sebuah object baik model 2 dimensi atau 3 dimensi berdasarkan ukuran yang dibuat.


Mengawali Bekerja dengan AutoCad 2007

Pada tutorial Autocad dipostingan ini saya menggunakan Autocad 2007. Jika sobat menggunakan versi lainnya silahkan karena pada dasarnya sama.

Untuk mengawali bekerja dengan AutoCad dengan menjalankan aplikasi AutoCad (versi berapapun).

Yang pertama kali sobat jumpai adalah tampilan  awal dari AutoCad 2007 seperti gambar dibawah ini:

PENGENALAN AUTOCAD 2007

Komponen Dasar di AutoCad 2007

Ada beberapa komponen dasar di AutoCad 2007 yang wajib diketahui sebagai berikut:

Toolbar Draw :

Toolbar draw ini berisikan fitur-fitur yang digunakan dalam membuat object baru seperti membuat garis lurus, garis lengkung, persegi empat, lingkaran, garis tidak beraturan serta teks dan lainnya.

PENGENALAN AUTOCAD 2007

Toolbar Modify :

Toolbar modify ini berisikan fitur-fitur yang digunakan dalam mengolah satu atau banyak object untuk diolah menjadi satu buah object (Editing). Salah satu fitur yang paling sering digunakan dan wajib diketahui bagi sobat yang ingin belajar AutoCad adalah Trim (perintah untuk memotong), Fillet (perintah untuk merubah sudut runcing menjadi lengkung/arc), offset, array dan lainnya. Lebih lengkap kumpulan perintah Editing (Toolbar Modify) di AutoCad 2007.

PENGENALAN AUTOCAD 2007

Untuk menjalankan fitur tersebut dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah dari fitur tersebut pada baris perintah (command line) dibagian bawah, dan dapat juga langsung klik pada tombol fitur tersebut.

Beberapa Hal Dasar di AutoCad yang Wajib diKetahui 

Selain memahami tentang fitur pada toolbar draw atau toolbar modify, maka alangkah baiknya jika sobat juga mengetahui tentang komponen lainnya.

Command bar/baris perintah

Biasanya digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah dalam mendukung gambar, dimana perintah tersebut sudah ada pada toolbar. Digunakan bagi para pengguna autocad yang sudah mahir dimana mereka tidak menggunakan (melakukan klik) pada tombol yang ada di toolbar untuk mendukung pekerjaan mereka agar lebih cepat

PENGENALAN AUTOCAD 2007

UCS - Sumbu X, Y, Z

Yang menjadi landasan dasar dalam menggunakan Autocad yang terpenting adalah melihat arah sumbu x dan sumbu y (untuk 2D) dan sumbu x, y, z (untuk 3D) seperti :

PENGENALAN AUTOCAD 2007

Kesimpulan

Dalam kegiatan teknik baik teknik sipil, teknik arsitektur, atau teknik mesin terutama dalam menggambar sebuah object yang mendukung pekerjaan sobat, maka dapat menggunakan aplikasi AutoCad. AutoCad merupakan aplikasi dalam mengolah gambar secara akurat. Untuk mengawalinya bacalah tentang Pengenalan AUTOCAD 2007 Basic Bagi Pemula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel