-->

Iklan header

Cara Pengaturan Line/Garis di AutoCAD 2007 Basic Bagi Pemula

Menggambar teknik di AutoCAD 2017 (versi lainya) harus menguasai dasar-dasar perintah apa saja yang harus digunakan baik dalam membuat object atau mengedit object. Untuk membuat object gunakan fitur di Drawing Tool dan untuk mengedit gunakan Fitur di Editing Tool.

Cara Pengaturan Line/Garis di AutoCAD 2007

Cara Mengatur Line/Garis di Autocad 2007

Sebelum menggambar ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pemula terutama baca dulu tentang Pengenalan AutoCAD 2007 secara singkat. Setelah itu pahami juga apa saja perintah yang sering digunakan di AutoCAD.

Sekarang Borneotutorials akan membahas tentang pengaturan garis (Line) sebagai berikut:

1. Tebal Garis

Untuk mengatur ketebalan garis pilih menu Format >  Line Weight , dengan mengaktifkan pilihan Display Lineweight.

Pengaturan Line/Garis

2. Garis Putus-Putus

Dalam pembuatan sebuah obyek terkadang dibutuhkan garis putus-putus. Dimana fungsinya untuk membedakan dengan garis yang lain. perintah yang digunakan melalui menu Format > LineType dan pilih tombol Load untuk memilih jenis garis yang akan digunakan.

Pengaturan Line/Garis

Kesimpulan

Pengolahan gambar di AutoCAD 2007 memang membutuhkan banyak fitur baik yang ada di Toolbar Draw maupun di Toolbar Modify.  Khusus penggunaan Line/garis memiliki beberapa model seperti garis putus-putus dan lainnya. Pengaturan Line/garis tersebut dapat dilakukan melalui  menu Format >  Line Weight.  Borneotutorials mencoba memberikan soal latihan dibawah yang dapat sobat praktekkan.

Kalau sobat ingin mencoba latihan lainnya ada beberapa postingan yang Borneotutorials posting yaitu Cara Membuat Denah Rumah 2 Dimensi di AutoCAD 2007.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Soal Latihan :
1.    Butlah area kerja anda 50 x 50 dalam satuan cm dan aturlah grid=5 dan snap=5.
2.    Buatlah beberapa obyek garis yang saling terhubung dengan titik acuan adalah endpoint, midpoint  dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel