-->

Iklan header

Cara Menambahkan Kolom Total Pada Query di Ms Access

Kolom Total Pada Query di Access

Sekarang saya akan share tentang pembuatan "query di Ms access 2007" dengan model Simple Query Wizard dimana akan ditambahkan Kolom Total pada kolom yang terakhir. Untuk menambahkan "Kolom Total" tersebut sebenarnya dapat dilakukan melalui model query design. Bagaimana cara membuatnya agar query tersebut mempunyai kolom baru yang judulnya total, dimana total tersebut tidak terdapat pada tabel yang diambil datanya. Untuk membuatnya datanya tetap menggunakan hasil query yang dibuat dengan simple query wizard, silahkan baca postingan sebelumnya cara membuat query dengan simple query wizard.

Cara Menbambahkan Kolom Total Pada Query di Ms Acces

Caranya membuatnya yaitu :

1. Pastikan Tabel yang akan digunakan (diolah) sudah ada/siap
2. Jalankan microsoft office access 2007 dan bukalah database yang digunakan sebelumnya.
3. Untuk memulainya perhatikan pada grup query. Pilihlah query yang akan ditambahkan kolom baru / field yang dihitung.
4. Klik kanan pada nama query yang akan diedit atau ditambahkan kolom baru dan pilih design view
5. Kemudian letakkan kursor pada kolom yang kosong paling kanan dan ketikkan rumus yang akan digunakan.Rumus dapat diketikkan langsung atau melalui klik kanan pada kolom kosong tersebut dan pilih menu Build. Tampilan menu build seperti gambar dibawah :

Cara-Menambahkan-Kolom-Total-Pada-Query-di-Ms-Access

6.  Dan ketikkan rumus seperti ini Total : [hargJual] * [jumlah], akan tetapi jika tidak ingin mengetik maka dapat dilakukan dengan melakukan perintah double klik pada field yang dimasukkan ke dalam rumus (lihat gambar point 5). Klik tombol OK jika sudah selesai.

7. Kemudian pastikan tanda centang pada kolom Total dalam kondisi dicetang dan setelah klik tombol View untuk melihat hasilnya, seperti gambar dibawah ini (lihat kolom Total) :
Cara-Menambahkan-Kolom-Total-Pada-Query-di-Ms-Access

8. Saya akan menambahkan kolom baru misalkan kolom Diskon dimana ditentukan dari total dengan ketentuan : jika total lebih 30juta maka diskon 10% dan jika total lebih dari 20juta maka diskon 5% selain itu tidak mendapatkan diskon. Caranya  sama dengan yang di point 5 dan 6. hanya rumusnya menggunakan fungsi IF dengan rumus seperti ini :
         IIF([Total]>30000000,10/100 * [total], IIF([Total]>20000000, 5/100 * [Total], 0))
dan hasilnya seperti ini (lihat kolom diskon) :
Cara-Menambahkan-Kolom-Total-Pada-Query-di-Ms-Access

Itulah artikel "Cara Menambahkan Kolom Total Pada Query di Ms Access" 2007.Silahkan dikembangkan sendiri untuk rumusnya dan  Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi para pembaca blog ini, Terima kasih.

0 Response to "Cara Menambahkan Kolom Total Pada Query di Ms Access"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel