-->

Iklan header

Cara Membuat Form Dalam 5 Menit Di Ms Access


Tentang Form di Ms Access

Sekarang saya akan posting tentang yang namanya "Form" di Ms Access, dimana sebelumnya sudah saya posting tentang artikel cara membuat Query dan cara membuat Tabel. Form itu sendiri dapat digunakan untuk menampilkan data dan sekaligus dapat digunakan untuk mengedit dan juga dapat menampilkan data dalam model grafik, jadi sebenarnya "Form" ini sangat fleksibel dalam pembuatan dan manfaatnya digunakan untuk apa saja. Sebelum saya menjelaskan tentang "Form", saya akan sebutkan dulu jenis Form ada beberapa macam yaitu :
1. Form
2. Form Design
3. Form Wizard
4. Pivot Table
5. Pivot Chart

Membuat Form Otomatis

Bagiamanakah "Cara Membuat Form Dalam 5 Menit Di Ms Access" 2007 dengan model Form (Auto rorm),silahkan Anda ikuti langkah-langkah yang saya buat dibawah ini.

Langkah-langkah :

1. Jalankan program Microsoft Access 2007 dan bukalah database yang akan digunakan
2. Pilih Tabel yang akan dijadikan Form, pada contoh ini menggunakan tabel barang (untuk memilih silahkan diklik pada tabel tersebut)
3. Aktf di tab Create dan klik tombol Form, maka secara otomatis form langsung jadi seperti tampilan dibawah ini :

Cara-Membuat-Form-Otomatis-di-Ms-Access


4. Setelah itu maka form secara otomatis akan tampil seperti gambar diatas

Memodifikasi Form

Untuk melakukan pengeditan agar tampilan Form sesuai dengan keinginan anda, seperti  mengedit dengan mengatur lebar text box dan juga menghapus model sheet dibawah judul stock dan lain sebagainya, apa saja yang harus dilakukan dalam memodifkasi sebuah form agar tampak menarik?

Langkah-langkah :
1. Jika ingin mengedit tampilan form tersebut Anda dapat melalui tab Home, klik tombol View dan pilih Design view atau dapat juga dengan melakukan klik kanan pada nama form dan pilih subemu Design View (lihat pada grup form tampilan : All Access Object sebelah kiri)

2. Setelah itu klik pada text box, sebelum mengedit silahkan di ungrup agar dapat diedit per-textbox yaitu aktif di form dan aktif di tab arrange dan klik tombol remove, dan jika ingin menghapus silahkan dipilih text box kemudian tekan tombol delete. seperti contoh dibawah ini dengan mengatur textbox.

Cara-Membuat-Form-Otomatis-di-Ms-Access


Begitulah "Cara Membuat Form Dalam 5 Menit Di Ms Access" 2007, dan dari tutorial tersebut dapat Anda kembangkah lagi dengan menambahkan tombol atau tool lainnya agar lebih menarik lagi. Artikel yang saya posting sangat cocok bagi mereka yang baru belajar Ms Access 2007 terutama tentang pembuatan form. Semoga artikel yang saya buat ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Form Dalam 5 Menit Di Ms Access"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel