Membuat Banyak Subform Dalam Sebuah Form di Microsoft Access

Membuat Banyak Subform Dalam Sebuah Form-Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang form baik itu cara pembuatan dengan menggunakan tipe form wizard maupun cara menambahkan tombol-tombol pada sebuah form.

Sekarang akan saya share tentang bagaimana cara membuat banyak subform dalam sebuah form apakah menggunakan microsoft access 2007 atau versi lainnya.

Langkah-Langkahnya:
1. Jalankan Microsoft Access 2007
2. Buatlah sebuah database atau jika sudah ada silahkan buka database tersebut. seperti database dibawah ini:

Microsoft Access


3. Dari data tersebut terdapat pada field Transaction Type terdapat keterangan yaitu Purchased dan Sold (lihat gambar diatas)

4. Buatlah sebuah query dengan tipe Query Design dan masukkan datanya sesuai dengan yang Anda inginkan, pada contoh disini saya masukkan semua field name pada tabel gambar diatas.

Microsoft Access

Keterangan:
- Pada kolom Transaction type tanda centang dihilangkan agar pada saat query ditampilkan data pada field tersebut tidak ditampilkan (disembunyikan)
- Pada baris kriteria saya ketik kodenya adalah 1 artinya kode 1 = Purchased dan kode 2= Sold

Karena pada form nanti saya tampilkan datanya berdasarkan data Purchased dan data Sold. Jadi buatkan dua buah query seperti diatas, hanya criteria angka 1 diganti 2 dan simpan dengan nama sendiri-sendiri. Pada contoh ini saya simpan Query Purchased dan Query Sold.

5.  Buatlah form dengan tipe Design dan tambahkan Tab Control dan ganti namanya menjadi Purchased dan tab satunya adalah Sold

 Microsoft Access


6. Drag Query Purchased ke tab Purchased dan query Sold ke tab Sold (lihat gambar diatas)
Hasilnya seperti dibawah ini:

Microsoft Access


Jika terasa kurang jelas maka silahkan lihat video tutorial KLIK DISINI

Begitulah cara Membuat Banyak Subform Dalam Sebuah Form di Microsoft Access baik menggunakan versi 2007,2010 atau 2013. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi para pembaca.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membuat Banyak Subform Dalam Sebuah Form di Microsoft Access"

Post a Comment

Terima kasih Telah Membaca Blog Saya, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda