Query Dengan Menggunakan Rumus dan Kriteria Terlengkap
Query Dengan Menggunakan Rumus dan Kriteria| Pada dasarnya pengolahan data di query Ms Access dalam memberikan informasi sangat lengkap tergantung bagaimana Anda membuat query tersebut. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang pembuatan query Crosstab dengan banyak tabel.
Bagaimana membuat sebuah query dengan menggunakan rumus dan kriteria di Ms Access 2013?
Database yang digunakan tetap seperti diartikel sebelumnya nama database "Diskon Terus", dan jika belum mempunyai database maka simak Cara membuat database di Ms Access 2013.
Langkah-langkah membuat Query dengan menambahkan rumus yaitu:
1. Buka aplikasi Microsoft Access dan database "Diskon Terus"
2. Klik tab ribbon "CREATE" --> dan klik tombol Query Design
3. Masukkan tabel yang datanya akan digunakan. Tutorial Ms Access ini menggunakan tabel Penjualan, tabel Barang, dan tabel Detail.
Untuk memasukkan tabel pilih tabel dan klik tombol "Add" atau double klik pada tabel yang dipilih. Untuk mengakhiri klik tombol "Close"
4. Field yang digunakan adalah:
Jika ditampilkan maka hasil query seperti ini:
5. Simpan query dengan nama "Rekap Data Lengkap Penjualan Barang".
6. Kemudian di query akan ditambahkan kolom baru dengan judul yaitu Total
Rumus: Total = Harga_Brg x Jumlah
Caranya:
6. Kemudian akan saya tambahkan lagi kolom baru yaitu "Diskon" yang rumusnya diambil dari:
Keterangan soal :
Caranya:
Contoh disini saya akan membuat query yang akan menampilkan data karyawan Kasir yang diambil dari tabel Kasir khusus yang berasal dari kota "Malang" saja.
Yuk, simak cara sederhana dalam menampilkan informasi data di tabel Kasir sebagai berikut:
1. Buatlah query baru yang datanya diambil dari tabel kasir (boleh menggunakan tipe query desaign atau query wizard)
2. Pada Tutorial Ms Access ini menggunakan tipe Query Design dan tabel Kasir serta masukkan field KD_Kasir, Nama, dan Kota
3. Pada kolom KOTA dibaris Criteria: ketikkan kota yaitu "Malang"
Jika di tampilkan maka hasilnya adalah data karyawan kasir yang berasal dari kota Malang
4. Selain itu Anda juga dapat menambahkan Parameter dimana bedanya dengan kriteria, kalau Parameter pada saat menampilkan query tersebut akan tampil konfirmasi yang meminta Anda untuk memasukkan kriteria yang akan ditampilkan.
Caranya:
Jika ditampilkan maka akan ada konfirmasi kotak untuk mengetikkan nama kota yang dicari seperti ini:
Pada kotak konfirmasi saya isikan dengan nama kota yaitu MALANG dan hasilnya adalah khusus data kasir yang berasal dari kota Malang saja. Mau tahu cara menambahkan rumus Total dan IF di query secara lengkap?
Cara Menambahkan Rumus di Query Ms Access
Pada tutorial Ms Access ini saya akan membuat sebuah query dimana ditambahkan kolom baru yang datanya diambil dari rumus (bukan dari tabel).Database yang digunakan tetap seperti diartikel sebelumnya nama database "Diskon Terus", dan jika belum mempunyai database maka simak Cara membuat database di Ms Access 2013.
Langkah-langkah membuat Query dengan menambahkan rumus yaitu:
1. Buka aplikasi Microsoft Access dan database "Diskon Terus"
2. Klik tab ribbon "CREATE" --> dan klik tombol Query Design
4. Field yang digunakan adalah:
- Field Nota dari tabel Penjualan
- Field Tgl_Penjualan dari tabel Penjualan
- Field KD_JNS dari tabel Barang
- Field Nama_Brg dari tabel Barang
- Field Harga_Brg dari tabel Barang
- Field Jumlah dari tabel Detail
Jika ditampilkan maka hasil query seperti ini:
6. Kemudian di query akan ditambahkan kolom baru dengan judul yaitu Total
Rumus: Total = Harga_Brg x Jumlah
Caranya:
- Tetap dalam tampilan Design
- Klik kanan pada kolom yang akan dibuatkan rumus, dan pilih menu "Build"
- Pada kotak "Build", ketikkan Total:, kemudian double klik field Harga_Brg kemudian tanda * dan double klik lagi field Jumlah
- Klik tombol OK dan coba lihat hasilnya seperti ini:
- Dikolom berikutnya adalah kolom "Diskon",
6. Kemudian akan saya tambahkan lagi kolom baru yaitu "Diskon" yang rumusnya diambil dari:
Keterangan soal :
- Total Penjualan < 50000 discount 0%
- Total Penjualan >= 50000 dan <= 300000 discount 5 %
- Total >300000 discount 10 %
Caranya:
- Tetap dalam tampilan Design
- Klik kanan pada kolom baru disamping kolom Total, dan pilih menu "BUILD" (caranya sama seperti point. 6)
- Pada kolom Expression Builder maka ketikkan perintah IF...... seperti dibawah ini:
- Diskon: IIf([Total]>300000;10/100;IIf([Total]>=50000;5/100;0))*[Total]
- Hasilnya kolom Diskon seperti ini:
- Silahkan Anda praktekkan dan cobalah untuk memodifikasi dengan menambahkan kolom baru yang Anda butuhkan.
Cara Menambahkan Kriteria di Query Ms Access
Selain menambahkan kolom yang menggunakan Rumus, di Query juga tersedia baris Criteria yang dapat digunakan untuk menampilkan data tertentu berdasarkan kriteria yang diinginkan atau juga dapat menggunakan Parameter.Contoh disini saya akan membuat query yang akan menampilkan data karyawan Kasir yang diambil dari tabel Kasir khusus yang berasal dari kota "Malang" saja.
Yuk, simak cara sederhana dalam menampilkan informasi data di tabel Kasir sebagai berikut:
1. Buatlah query baru yang datanya diambil dari tabel kasir (boleh menggunakan tipe query desaign atau query wizard)
2. Pada Tutorial Ms Access ini menggunakan tipe Query Design dan tabel Kasir serta masukkan field KD_Kasir, Nama, dan Kota
Caranya:
- Tetap di query data Kasir di point: 3 pada tampilan Design
- Hapus kriteria "Malang" yang dipoint: 3
- Pada baris Criteria, dan kolom Kota Kasir masukkan teks yaitu [Kota Asal: ] seperti gambar dibawah
0 Response to "Query Dengan Menggunakan Rumus dan Kriteria Terlengkap"
Posting Komentar
Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar