-->

Iklan header

Cara Membuat Blank Form Ms Access 2013

Borneotutorials-Pencatatan data di Ms Access pada umumnya untuk sebuah aplikasi dilakukan di Form. Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara membuat Form dengan model Form (Auto) serta cara mengisikan datannya.

Pada dasarnya secara default dari Ms Access, Form sendiri sudah menyediakan tombol navigasi untuk melakukan pencatatan dan berpindah antar data/record. Baca juga; Cara Membuat Form Login di Ms Access.

Cara Membuat Form Model Blank Form

Pembuatan Form selain menggunakan model Form, ada juga yang menggunakan model Blank Form artinya dimana Anda akan melihat tampilan Form yang Kosong tanpa Field name apapun, berbeda dengan tipe Form (Auto) yang secara otomatis Field dari tabel langsung tampil pada Form.

Inilah cara mudah membuat Form model Blank Form di Ms Access 2013 sebagai berikut:
1. Jalankan Ms Access, dan buka database "Diskon Terus"
2. Pada tutorial ini, Form yang dibuat adalah Form Kasir
3. Klik tab ribbon "CREATE" > "BLANK FORM"

cara-membuat-blank-form-ms-access-2013

4.  Maka akan terlihat sebuah Form kosong tanpa apapun, untuk menambahkan Field ke dalam Form tersebut, maka yang Pertama: klik tab ribbon "DESIGN" > "ADD EXISTING FIELDS",  yang Kedua: dibagian bawah klik tanda plus pada tabel yang digunakan contohnya: tabel Kasir. Ketiga: Drag Field name ke arah Form, begitu juga dengan Field lainnya.

cara-membuat-blank-form-ms-access-2013

5. Jika kalian ingin merubah tampilan Form, maka klik tombol "DESIGN VIEW"

cara-membuat-blank-form-ms-access-2013

6. Untuk mengedit tampilan Form maka pada tab ribbon "ARRANGE" > kemudian klik tanda "Plus" seperti pada gambar,  dan klik tombol  "REMOVE LAYOUT"

cara-membuat-blank-form-ms-access-2013

Keterangan: 

  • Remove Layout fungsinya untuk memecah object 1 grup menjadi beberapa object (ungroup)

7. Contoh pada tutorial ini, form setelah diedit posisi atau letak textbox dan teks dari label (bagian kiri) maka hasilnya sebagai berikut:

cara-membuat-blank-form-ms-access-2013

Keterangan:

  • Pada tanda kotak hitam yaitu tombol navigasi untuk memindahkan posisi record/data dan pada kota berikutnya berwarna kuning adalah untuk menambahkan record atau data baru.

Cara Mengedit Tampilan Form

1. Untuk mengedit tampilan secara keseluruhan, maka dapat dilakukan dengan merubah tampilan Form terlebih dahulu ke mode design. Setelah itu klik tab ribbon "DESIGN" > "Property Sheet" maka akan tampil Property Sheet sebagai berikut:

cara-membuat-blank-form-ms-access-2013

2. Pada Property Sheet terdapat banyak menu yang dapat digunakan dalam mendesain sebuah form seperti merubawah warna background dasar atau gambar pada form dan lain-lain.

Anda dapat memilih beberapa model yang disediakan oleh Ms Access apakah itu Form (auto), Blank Form, atau Form Wizard.
Ikuti terus bagaimana cara membuat Form Wizard di Ms Access.

Kesimpulan

Itulah pembahasan singkat cara mudah membuat Form dengan model Blank Form di Ms Access 2013 yang dapat Anda praktekkan dan ekploitasi semaksimal mungkin. Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan sebuah Form yang wajib dipersiapakan adalah Tabel. Lihat juga: Cara membuat Tabel di Ms Access 2013.

0 Response to "Cara Membuat Blank Form Ms Access 2013"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel