-->

Iklan header

Cara Membuat Form Auto (FORM) Ms Access 2013

Cara Membuat Form Auto (FORM) Ms Access 2013 - Form merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mengolah data seperti menambah, menghapus, mengedit data yang ada pada satu atau lebih tabel. Jika ingin mengolah data pada tabel, maka buatlah FORM terlebih dahulu agar lebih memudahkan Anda. Cara Membuat Form Auto (FORM) Ms Access 2013 ini sangat mudah dan cepat tinggal Anda desain sebagus mungkin tampilannya.

Jenis Pembuatan Form

Untuk pembuatan Form sendiri Microsoft Access menyediakan beberapa jenis Form yang tentunya dapat dipraktekkan seperti:
  1. Form (Auto)
  2. Blank Form
  3. Form Design
  4. Form Wizard
cara-membuat-form-auto-form-ms-access


Cara Membuat Form Auto (FORM)

Melanjutkan dari tutorial sebelumnya yaitu database "Diskon Terus" maka buatlah sebuah form baru yang digunakan untuk mengolah data Barang yang diambil dari tabel Barang.

Dari keempat jenis pembuatan Form diatas, kita mulai dengan membuat Form jenis Blank Form atau Auto (FORM) caranya sebagai berikut:
1. Jalankan Aplikasi Microsoft Access

2. Buka database "Diskon Terus"

3. Pilih Tabel Barang

4. Pilih tab ribbon CREATE > FORM

cara-membuat-form-auto-form-ms-access

Dan hasilnya akan terlihat secara default seperti gambar diatas, setelah itu silahkan diedit agar tampilan form menjadi lebih baik.

5. Untuk mengedit klik tombol "DESIGN VIEW", dan simpan dengan nama "Form Barang"


cara-membuat-form-auto-form-ms-access

6. Silahkan lakukan pengeditan untuk tampilan Form Barang melalui tab ribbon "ARRANGE  > REMOVE LAYOUT" , fungsinya untuk mengungrup object pada form  agar pengaturan lebarnya textbox menjadi lebih mudah . Untuk merubah teks pada label silahkan di klik pada teks tersebut.

cara-membuat-form-auto-form-ms-access

7. Setelah selesai diedit, maka tampilkan form barang melalui tombol "FORM VIEW" atau double klik pada grup panel  sebelah kiri yaitu Form Barang.

cara-membuat-form-auto-form-ms-access

8. Setelah form selesai maka untuk menambahkan data baru dapat menggunakan tombol yang sudah tersedia pada bagian bawah form disebelah kanan tombol navigasi record. Data yang dimasukkan pada form akan tersimpan secara otomatis pada tabel barang.

cara-membuat-form-auto-form-ms-access

Langkah terakhir Anda tinggal mengisikan data barang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Itulah ulasan sederhana tentang Cara Membuat Form Auto (FORM) Ms Access 2013 dengan jenis Form, dan syarat utama dalam membuat form adalah tabel yang digunakan. Selanjutnya ikuti terus Artikel selanjutnya Bagaimana cara membuat Form dengan menggunakan model Blank Form.

0 Response to "Cara Membuat Form Auto (FORM) Ms Access 2013"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel