-->

Iklan header

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel Mudah

Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel | Perusahaan baik dagang maupun jasa membutuhkan yang nama laporan dari hasil kegiatan tersebut. Khusus perusahaan dagang membutuhkan pencatatan barang masuk dan barang keluar, yang mana kegiatan ini memiliki rutinitas yang tinggi.

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel

Dengan seperti itu perusahaan pasti butuh daftar laporan keluar dan masuk barang dalam rangka mengawasi persedian barang yang ada. Pada kenyataannya masih banyak perusahaan yang masih belum menyadari betapa pentingnya laporan seperti itu. Jika laporan barang tidak sesuai dengan laporan penjualan maka perusahaan akan menjadi rugi.

Untuk itulah dalam kegiatan diperusahaan dagang dibutuhkan laporan data barang masuk dan barang keluar. Bagaimana caranya, yuk kita bahas bagaimana cara membuat data laporan barang masuk dan laporan barang keluar melalui aplikasi Ms Excel 2013.

Cara Membuat dan Mengelola Keluar Masuk Barang

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan keluar dan masuk barang yaitu:

Langkah Pertama:  Siapkan Data yang akan diCatat

Siapkanlah seseorang yang khusus melalukan pekerjaan dalam mencatat data barang seteliti mungkin karena dari sini kalian dapat menentukan target pasar dan waktu penjualan.

Langkah Kedua: Cek Barang Sebelum di Simpan

Hal ini sangat penting dimana kalian harus melakukan pengecekan barang sebelum barang tersebut dismpan di tempatnya seperti lemari model rak. Pada kondisi ini, kalian dapat mengetahui data barang baik yang produksinya salah, barang cacat dan lainnya.

Langkah Ketiga: Pemberian Kode Barang

Dengan adanya kode barang pada setiap item barang, maka akan sangat membantu dalam hal penjualan barang. Kalian dapat mengetahui berapa barang terjual dan sisa barang sesuai kode barang tersebut, sehingga barang lebih tertata rapi.

Lihat Juga: Membuat Kartu Stok Persediaan Barang di Ms Excel

Langkah Keempat: Memisahkan Stok Barang Baru dan Barang Lama

Hal ini dapat memudahkan dalam menampilkan informasi stok barang baru dan stok barang lama. Kemudian kalian dapat menghitung barang yang terjual dan belum terjual.

Solusi Mengatasi Masalah Barang Masuk dan Barang Keluar

Mengatasi semua permasalahan tersebut, maka kalian dapat memesan program, membeli software khusus atau dengan menggunakan Ms Excel dalam melakukan pencatatan data barang.

Cara Mencatat Data Keluar dan Masuk Barang di Ms Excel 2013

Bagi kalian yang ingin membuat dan mengelola sendiri data barang masuk dan barang keluar dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah Pertama: 

Jalankan aplikasi Micosoft Excel 2007 atau 2013 sesuai dengan aplikasi yang ada di tempat kerja kalian

Langkah KeDua:

Buatlah sheet baru yang terdiri-dari sheet Barang, sheet Barang Masuk dan sheet Barang Keluar dengan model seperti dibawah ini:

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel
Contoh Sheet: Barang

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel
Contoh Sheet: Barang Keluar

Langkah keTiga:

Untuk melihat hasil rumus maka terlebih dahulu isikan data pada sheet barang, sheet barang masuk, sheet barang keluar

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel
Contoh Sheet: Barang

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel
Contoh Sheet: Barang Masuk

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel

Contoh Sheet: Barang Keluar

Langkah keEmpat:

Aktif di sheet data barang masuk dan pada kolom Nama isikan Rumus Vlookup :

=IF([@Kode]="";"";VLOOKUP([@Kode];Table1[[#All];[kode]:[nama]];2;FALSE))

Keterangan:
Fungsinya jika kode diisi maka nama barang tampil otomatis berdasarkan kode, sedangkan kolom jumlah diisi manual

Kemudian untuk selanjutnya lakukan hal yang sama pada sheet barang keluar di kolom nama

Langkah KeLima:

Aktif di sheet Barang dan pada kolom Masuk gunakan rumus SUMIF sebagai berikut:
=SUMIF(Table2[@Kode];[kode];Table2[@jumlah])
dan pada kolom keluar isikan rumus sebagai berikut:
=SUMIF(Table24[@Kode];[@kode];Table24[@jumlah])
Kolom Stok akhir isikan dengan rumus: Stok Awal ditambah kolom Masuk dan dikurangi kolom keluar

Langkah KeEnam:

Coba prakktekan dengan mengisikan datanya secara lengkap pada sheet Barang seperti kolom Kode, nama dan stok awal. Kemudian isikan juga data pada sheet barang masuk terutama pada kolom tanggal dan jumlah begitu juga dengan sheet barang keluar. Setelah mengisikan datanya, perhatikan di sheet barang perubahan yang terjadi.

Kesimpulan

Dalam kegiatan diperusahaan dagang membutuhkan yang namanya laporan. Laporan terpenting adalah laporan data barang masuk dan barang keluar karena kalian dapat mengetahui berapa jumlah sisa barang di gudang. laporan tersebut dapat di cocokkan dengan laporan barang yang terjual dalam membantu pembuatan laporan keuangan.

Itulah ulasan Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel yang dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti. 

0 Response to "Cara Mudah Membuat dan Mengelola Data Keluar Masuk Barang di Ms Excel Mudah"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel