-->

Iklan header

Cara Menambahkan Rumus Total dan IF di Report

Pentingnya Report


Menambahkan Rumus Total dan IF di report  merupakan hal yang sangat penting untuk melengkapi tampilan report atau laporan agar sesuai dengan keinginan Anda. Report atau laporan merupakan salah satu bagian dari kegiatan administarsi atau bisnis yang digunakan untuk melihat hasil dari suatu kegiatan perusahaan apakah terjadi suatu perubahan yang lebih baik atau tidak. Pada artikel ini akan dibahas tentang Cara menambahkan rumus Total dan IF di Report dengan menggunakan Ms Access 2007.

Cara Membuat Report


Untuk membuat sebuah report atau laporan Anda harus mempunyai tabel atau query yang akan dijadikan sebagai bahan dasar dari data yang akan ditampilkan pada report atau laporan itu sendiri. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara membuat report atau laporan. Sebelumnya juga sudah dibahas bagaimana cara mengekspor report ke Ms word.

Bagaimana cara menambahkan rumus Total dan IF di Report


Langkah-langkah cara menambahkan rumus Total dan IF di report pada Ms Access 2007 yaitu :
1. Jalankan Ms. Access 2007 dan buka database yang sedang digunakan pada tutorial disini saya menggunakan database pada artikel sebelumnya tentang actiion query

2.  Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, saya akan bahas sedikit tentang cara membuat laporan yang akan digunakan pada tutorial ini yaitu :
-  Tabel yang di gunakan dari beberapa tabel yaitu tabel barang, tabel detail, tabel penjualan.
-  Klik tab Create dan klik tombol Query Design dan masukkan tabel barang, tabel detail, tabel penjualan serta field yang dimasukkan yaitu Nota, Tgl penjualan, kd barang, nama brg, harga brg dan jumlah seperti gambar dibawah ini :

Cara-Menambahkan-Rumus-Total-dan-IF-di-Report

- Setelah itu silahkan anda simpan query tersebut dengan nama query total dan IF

3. Sekarang tahapan membuat Report yaitu klik query total dan IF 

4. Klik tab Create dan klik tombol Report dan hasil sementara report akan seperti gambar dibawah ini :

Cara-Menambahkan-Rumus-Total-dan-IF-di-Report


5. Klik tombol view dan klik tombol Design (lihat tombol kiri atas) agar Anda dapat mendesain laporan

6. Klik tab Arrange dan klik tombol Remove untuk memecah grup dari object yang ada pada laporan (seperti object textbox) fungsinya untuk mempermudah dalam mengedit tampilan report

7.  Sekarang klik tab Design dan klik tombol Textbox untuk menambahkan kolom baru yaitu total pada report dimana total didapat dari rumus harga barang * Jumlah. Caranya letakkan textbox pada bagian detail dan ketikkan rumus sebagai berikut : =[harga_brg]*[jumlah]

8.  Setelah selesai jalan lupa di tampilkan terlebih dahulu apakah sudah benar atau belum. Jika sudah benar maka simpan report terlebih dahulu.

9.  Tambahkan kembali object textbox seperti pada langkah 7 yang akan digunakan untuk membuat rumus IF dengan ketentuan bahwa jika Total diatas 100.000 maka keterangannya adalah Diskon selain itu tidak maka dapat Anda ketik rumus pada textbox tersebut yaitu :

=IIf([harga_brg]*[jumlah]>100000,"Diskon","")

Hasil tampilan report akan seperti gambar dibawah ini :

Cara-Menambahkan-Rumus-Total-dan-IF-di-Report

Itulah cara menambahkan rumus total dan IF di report dengan menggunakan Ms Access 2007 dengan cara yang mudah dan sederhana. Baca juga tentang cara membuat action query. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang belajar Ms Access 2007.

0 Response to "Cara Menambahkan Rumus Total dan IF di Report "

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel