-->

Iklan header

Tutorial Ms Access:Membuat Form Laporan Penerimaan Barang

Laporan Penerimaan Barang


Dalam sebuah laporan terutama dibagian gudang, maka dibutuhkan data barang yang masuk ke gudang setelah anda melakukan transaksi pembelian barang apakah itu secara kredit atau tunai. Tujuan dilakukan pencatatan laporan penerimaan barang ini agar dapat diketahui tentang informasi barang yang anda terima seperti kondisi barang, jumlah dan lainnya. Artikel ini saya beri judul Membuat form laporan penerimaan barang ini sebagai tutorial access khususnya bagi para pemula yang belajar ms access terutama tentang fasilitas form.

Cara Membuat laporan Penerimaan Barang


Untuk membuat form Laporan Penerimaan barang yang ada dibagian gudang ini, dari tabel sebelumnya yang sudah pernah saya posting pada artikel tutorial ms access:membuat form transaksi pembelian maka tambahkan tabel baru khusus menyimpan pencatatan data barang tersebut.

Cara membuat form Laporan Penerimaan Barang yaitu :


1. Buat tabel LPB (laporan penerimaan barang)
Tabel LPB ini bertujuan untuk menyimpan data laporan barang beserta data si pengirim barang atau suplier, dan untuk field kodesup dihubungkan (relationship) ke tabel suplier.  Model tabel LPB sebagai berikut :
Tutorial-Ms-Access:Membuat-Form-Laporan-Penerimaan-Barang


2. Buat tabel Detail LPB
Tabel LPB ini bertujuan untuk menyimpan informasi lengkap data laporan barang yang dihubungkan (relatinship) ke tabel barang untuk field kode barang. Model tabel LPB sebagai berikut :

Tutorial-Ms-Access:Membuat-Form-Laporan-Penerimaan-Barang


3. Buatlah relationship pada tabel yang anda buat diatas ke tabel yang terhubung (baca juga artikel tentang relationship dan lookup wizard)

4. Buatlah form laporan penerimaan barang dengan menggunakan form wizard yang datanya diambil dari beberapa tabel yaitu tabel LPB, detail LPB, suplier dan barang, sehingga tampilan seperti dibawah ini : 

Tutorial-Ms-Access:Membuat-Form-Laporan-Penerimaan-Barang


5. Tambahkan tombol yang menurut anda harus ditambahkan agar form laporan penerimaan barang ini menjadi lebih baik lagi

Kesimpulan: bahwa dalam pembuatan form laporan penerimaan barang ini hampir sama dengan cara membuat form transaksi pembelian di artikel sebelumnya. Jika anda kesulitan pada saat mengatur field tabel di langkah-langkah pada form wizard maka silahkan baca artikel membuat form transaksi pembelian. Selamat mencoba jika ada kurang dan lebihnya mohon diberikan saran dan kritik agar artikel ini dapat lebih baik lagi.

0 Response to "Tutorial Ms Access:Membuat Form Laporan Penerimaan Barang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel