Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-7
Membuat Laporan Gaji
Setelah membuat form absensi dan mengisikan data absensi sesuai tanggal dan NIK masing-masing karyawan maka data akan tersimpan ke dalam tabel absensi dan detail absensi. Setelah data tersimpan maka pertanyaannya adalah bagaimana membuat laporan gaji dan rekap gaji berdasarkan NIK dalam setiap bulannya. Pada artikel kali ini yaitu Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-7 disini akan melanjutkan dari artikel sebelumnya yaitu di Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-6.
Membuat Tabel LaporanGaji
Dalam membuat tabel Laporan gaji secara otomatis ini menggunakan fasilitas dari query yaitu Action query tipe Make table query, mengapa? karena pada tabel laporan gaji tersebut diambil dari beberapa tabel.
Cara membuat tabel laporan gaji
Cara membuat tabellaporan gaji yaitu
1. Jalankan aplikasi Ms Access 2007 dan buka database yang sudah dibuat pada artikel sebelumnya dan jika ada tombol option silahkan anda klik enabled agar action query berjalan dengan lancar
2. Pilih tab Create dan klik tombol Query Design
3. Masukkan semua tabel dan jika sudah selesai klik tombol Close seperti gambar dibawah ini:
4. Masukkan field name yang digunakan dari masing-masing tabel seperti Id, NIK, nama, jabatan, divisi, potongan berdasarkan sumbernya dari tabel apa saja agar lebih jelas lihat gambar di bawah :
5. Khusus untuk kolom Potongan jangan lupa klik tombol autosum dan pada baris Total klik pilih Sum agar data numerik pada kolom potongan tersebut dijumlahkan berdasarkan NIk seperti gambar dibawah ini:
6. Jika sudah selesai maka klik tombol Make Table dan pada tampilan jendela konfirmasi maka ketikkan nama tabel yang akan dibuat yaitu Tb_laporan_gaji yang isinya menyimpan data rangkuman dari beberapa tabel diatas seperti gambar dibawah
7. Setelah untuk melihat hasilnya yaitu berupa tabel maka klik tombol RUN (!) dibagian kiri atas maka jika anda perhatikan akan bertambah tabel baru dan terdapat query dengan tipe action query yang hasilnya seperti gambar ini :
8. Jika sudah selesai tabel dibuat maka Anda siap untuk membuat laporan gaji melalui object Report di Ms Access 2007, dimana laporan ini menampilkan data karyawan beserta potongan selama 1 bulan baik ijin, atau keterangan lainnya. Gunakan autoreport dengan cara klik tabel Tb_laporan_gaji dan klik tombol report maka secara otomatis akan tampil seperti gambar dibawah ini :
9. Aturlah dan edit laporan tersebut melalui menu design view agar tampil dan tertata sesuai dengan keinginan Anda masing-masing
Itulah artikel tentang Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-7 yang menjelaskan tentang pembuatan laporan gaji dengan menggunakan action query fasilitas dari query yang menghasilkan tabel secara otomatis. Agar lebih jelas baca juga artikel sebelumnya tentang form absesi. Semoga artkel ini bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi para pemula yang belajar ms access 2007.
0 Response to "Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-7"
Posting Komentar
Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar