Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-4
Pengolahan Data Absensi karyawan
Dalam pengolahan data absensi karyawan yang sederhana ini selain membutuhkan tabel Karyawan, tabel shift dan tabel status maka Anda harus membuat juga tabel absensi yang nantinya digunakan untuk menyimpan data sehari-hari karyawan masuk dan dan pulang serta apakah karyawan masuk kerja atau tidak berdasarkan keterangan apakah sakit, ijin dan lain-lain. Dimana antara tabel yang satu dengan tabel lainnya saling terhubung. Pada artikel Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-4 ini akan dibahas tentang pembuatan tabel absensi dan detail absensi yang akan dihubungkan dengan tabel status, tabel shift dan tabel karyawan.
Pembuatan Tabel Absensi
Pada tahap ini buatlah Tabel absensi yang akan digunakan untuk menyimpan data absensi karyawan masuk dan tidak secara singkat, dengan aturan sebagai berikut:
1. Jalankan aplikasi Microsoft Access 2007 dan buka file database Ms access yang sudah dibuat sesuai dengan artikel sebelumnya
2. Klik tab create dan klik tombol table design, dan buatkan field sebagai berikut :
- Id yaitu sebagai nomor urut otomatis (auto number) dan jangan lupa di primary key
- Nik yaitu sebagai nomor induk karyawan atau kode pengenal identitas karyawan yang datanya diambil dari tabel karyawan (Gunakan lookup wizard). Baca tentang tipe Lookup Wizard.
3. Jika sudah selesai silahkan disimpan dengan nama Tb_Absensi dan close
- Id yaitu sebagai nomor urut otomatis (auto number) dan jangan lupa di primary key
- Nik yaitu sebagai nomor induk karyawan atau kode pengenal identitas karyawan yang datanya diambil dari tabel karyawan (Gunakan lookup wizard). Baca tentang tipe Lookup Wizard.
3. Jika sudah selesai silahkan disimpan dengan nama Tb_Absensi dan close
Pembuatan Tabel Detail Absensi
Pada dasarnya pembuatan tabel detail absensi sama dengan tabel sebelumnya, namun pada tahap ini buatlah Tabel detail absensi yang akan digunakan untuk menyimpan data absensi karyawan masuk
dan tidak secara lengkap, dengan aturan sebagai berikut:
1. Jalankan aplikasi Microsoft Access 2007 dan buka file database Ms access yang sudah dibuat sesuai dengan artikel sebelumnya
2. Klik tab create dan klik tombol table design, dan buatkan field sebagai berikut :
- Id yaitu sebagai nomor urut yang diambil dari tabel absensi (Gunakan lookup wizard)
- Tanggal yaitu sebagai data tanggal absensi tipe date/time (medium date)
- JamMasuk yaitu sebagai data jam masuk karyawan tipe date/time (short time)
- JamPulang yaitu sebagai data jam pulang karyawan tipe date/time (short time)
- Keterangan yaitu sebagai data karyawan apakah masuk kerja atau tidak dan keterangan lainnya yang datanya diambil dari tabel status (Gunakan lookup wizard)
Catatan :
Jika menggunakan tipe lookup wizard maka pada tabel yang ditampilkan akan tampak tombol segitiga dan jika diklik maka akan tampil data dari tabel yang diambil datanya seperti pada tabel detail absensi gambar dibawah:
Itulah artikel tentang Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-4 tentang pembuatan tabel absensi dan detail absensi. Sebelum Anda mencoba tutorial ms access ini, akan lebih baik jika Anda membaca dulu artikel sebelumnya tentang data absensi karyawan, dengan tujuan agar lebih mudah dipahami khususnya bagi para pemula yang belajar ms access 2007. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.
0 Response to "Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-4"
Posting Komentar
Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar