-->

Iklan header

Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-3

Data Absensi Karyawan



Dalam pengolahan data absensi karyawan seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya di Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-2 yaitu tentang pembuatan tabel Shift. Setelah pembuatan tabel Shift maka pada artikel Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-3 ini akan dilanjutkan dengan pembuatan tabel status dan form status yang digunakan untuk menyimpan data karyawan dan potongan pada absensi karyawan.


Pembuatan Tabel Status


Tabel status ini digunakan untuk menyimpan data keterangan pada absensi karyawan seperti jika tidak masuk dikenakan potongan berapa dan nantinya pada laporan akhir terdapat jumlah potongan selama 1 bulan dari absensi karyawan tersebut.

Cara pembuatan tabel Status yaitu :

1. Jalankan aplikasi Microsoft Access 2007 dan buka file database Ms access yang sudah dibuat sesuai dengan artikel sebelumnya

2. Klik tab create dan klik tombol table design, dan buatkan field sebagai berikut :
    - Kodestatus yaitu sebagai data pengenal atau acuan dari data keterangan karyawan
    - Namastatust yaitu sebagai nama dari keterangan pada saat karyawan tidak masuk kerja
    - Potongan yaitu sebagai data untuk mencatat berapa nilai potongan jika karyawan tidak masuk kerja

Tutorial-Mengolah-Data-Absensi-Di-Ms-Access-2007-Part-3

Catatan :
Jadikan Field name : Kode_status sebagai primary key agar tidak terdapat data yang kembar dan akan ada pesan error jika data yang anda masukkan sudah ada.

3. Jika sudah selesai silahkan Anda simpan tabel tersebut dan simpan dengan nama Tb_status atau Tb_Keterangan


Pembuatan Form Status


Form Status atau keterangan digunakan untuk menginputkan (memasukkan) data status atau keterangan karyawan yang secara langsung tersimpan ke tabel status. Dalam pembuatan form status ini gunakan cara cepat dan sederhana yaitu menggunakan autoform (form).

Cara membuat Form Status yaitu :

1.  Pilih tabel Status dengan mengklik pada tabel status

2. Klik tab create dan klik tombol Form (pembuatan form otomatis) maka editlah tampilan form tersebut sehingga seperti form dibawah ini :


Tutorial-Mengolah-Data-Absensi-Di-Ms-Access-2007-Part-3

Keterangan:
- Silahkan diedit form sehingga seperti gambar diatas seperti judul form, lebar dan jarak textbox tempat pengisian data
- Untuk pembuatan tombol seperti data baru, simpan dan sebagainya gunakan tombol Button
- Untuk tampilan data disebelah kanan gunakan tombol List Box 

3. Jika sudah selesai maka silahkan Anda simpan dengan nama Form_Status dan isikan datanya sesuai keinginanan Anda  Silahkan lihat Video Tutorialnya Disini.

Data status yang berisikan keterangan dan potongan ini, nantinya akan dihubungkan dengan tabel lain dengan menggunakan fungsi Relationship agar terhubung antara tabel yang satu dengan yang lainnya. Itulah  artikel tentang Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-3 dan sebelum Anda mencoba tutorial ms access ini, akan lebih baik jika Anda membaca dulu artikel sebelumnya tentang data absensi karyawan, dengan tujuan agar lebih mudah dipahami khususnya bagi para pemula yang belajar ms access 2007. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Tutorial Mengolah Data Absensi Di Ms Access 2007 Part-3"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel