Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-2
Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access - Melanjutkan pada artikel sebelumnya yaitu pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Ms Access Part-1 pada pembuatan tabel dan relationship. Setelah selesai membuat tabel dan relationship, sekarang kita lanjutkan pada Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-2.
Pada bagian ini akan membuat Form Siswa yang digunakan untuk mencatat data siswa atau mereka yang boleh melakukan peminjaman buku di perpustakaan tersebut.
Pembuatan Form Siswa ini menggunakan tabel Siswa yang telah dibuat pada artikel sebelumnya (Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-1).
Cara pembuatan Form Siswa sebagai berikut:
1. Buka atau jalankan Microsoft Access dan Database Perpustakaan
2. Klik Tabel Siswa (pilih Tabel siswa)
3. Aktif di tab CREATE, dan klik tombol FORM
4. Ubah tampilan Form ke mode Design yaitu klik tombol "DESIGN VIEW"
5. Atur judul form dan ukuran textbox serapi mungkin. Untuk mengatur ukuran textbox lakukan perintah Ungrup agar pengaturan menjadi lebih mudah dengan cara yaitu:
Pada bagian ini akan membuat Form Siswa yang digunakan untuk mencatat data siswa atau mereka yang boleh melakukan peminjaman buku di perpustakaan tersebut.
Pembuatan Form Siswa ini menggunakan tabel Siswa yang telah dibuat pada artikel sebelumnya (Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-1).
Cara Pembuatan Form Siswa
Agar lebih terstruktur dalam pengolahan data perpustakaan ini, maka buatlah sebuah Form yang digunakan untuk mencatat data siswa yang boleh melakukan peminjaman buku dan lengkapi dengan tombol-tombol yang dibutuhkan pada Form Siswa tersebut.Cara pembuatan Form Siswa sebagai berikut:
1. Buka atau jalankan Microsoft Access dan Database Perpustakaan
2. Klik Tabel Siswa (pilih Tabel siswa)
3. Aktif di tab CREATE, dan klik tombol FORM
- Klik tanda PLUS di bagian kiri atas
- Aktif di menu ARRANGE, dan klik tombol REMOVE LAYOUT
6. Lakukan perintah DRAG untuk mengatur besar kecilnya ukuran textbox sehingga seperti gambar dibawah ini:
7. Langkah terakhir yaitu menambahkan tombol perintah pada Form data siswa seperti tombol menambahkan data baru, menghapus, menyimpan, membatalkan dan menutup Form caranya:
- Pastikan Form dalam mode DESIGN VIEW
- Aktif di tab DESIGN, dan klik tombol perintah yang namanya BUTTON
- Tambahkan beberapa tombol perintah yang sekiranya diperlukan pada Form Data Siswa (Selengkapnya cara membuat tombol Navigasi di Form Ms Access)
- Ubah form ke mode Design View
- Aktif di tab DESIGN, dan klik tombol BUTTON, pilih category: RECORD OPERATIONS, dan pada kolom Action: pilih ADD NEW RECORD
- Selanjutnya ikuti perintah dari Ms Access yaitu klik tombol NEXT, sampai tombol Finish.
Itulah artikel tentang Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-2 khususnya pada pembuatan Form Data Siswa yang digunakan untuk mengolah data pencatatan data siswa yang boleh meminjam buku.
0 Response to "Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-2"
Posting Komentar
Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar