Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-1
Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access- Assallamualikum wr.wb dan salam hangat buat kalian yang sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog Borneotutorial ini. Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Ms Access ini karena banyak yang bertanya di video Youtube saya tentang Perpustakaan.
Pengolahan data Perpustakaan secara offline meliputi peminjaman dan pengembalian buku. Pada umumnya aplikasi perpustakaan ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang tentunya tidak semua orang mengerti cara membuat Aplikasi Perpustakaan ini.
Mengatasi permasalahan ini, saya akan memjelaskan secara mudah dan sederhana bagaimana cara membuat Aplikasi Perpustakaan offline dengan menggunakan Microsoft Access 2013.
Aplikasi Perpustakaan offline dengan Microsoft Access 2013, ini paling tidak dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas kuliah.
Simak terus bagaimana cara membuat Aplikasi Perpustakaan demgam Ms Access
1. Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Access
2. Pilih Blank Database (Pembuatan Database baru)
3. Ketikkan nama Database misalkan: Perpustakaan, dan letakkan pada folder Anda
Agar lebih mudah dipahami buatlah tabel menggunakan tipe Table Design. Baca: Cara membuat Database dan Tabel secara lengkap.
Beberapa tabel yang dibutuhkan sebagai berikut:
1. Buat tabel Siswa (sebagai peminjam)
2. Buat tabel Buku
3. Tabel Transaksi (tempat menyimpan data peminjaman)
4. Tabel Detail Transaksi (Tabel Pencatatan Peminjam dan Pengembalian Buku)
Langkah awal pembuatan Aplikasi Perpustakaan dengan menggunakan Ms Access cukup sampai disini dulu agar Anda dapat dengan mudah untuk dimengerti khususnya untuk pemula. Itulah artikel tentang Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-1.
Setelah pembuatan tabel dan relationship selesai, maka silahkan dilanjutkan Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-2 yaitu pembuatan Form Siswa untuk mencatat data siswa atau mereka yang boleh melakukan peminjaman buku.
Pengolahan data Perpustakaan secara offline meliputi peminjaman dan pengembalian buku. Pada umumnya aplikasi perpustakaan ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang tentunya tidak semua orang mengerti cara membuat Aplikasi Perpustakaan ini.
Mengatasi permasalahan ini, saya akan memjelaskan secara mudah dan sederhana bagaimana cara membuat Aplikasi Perpustakaan offline dengan menggunakan Microsoft Access 2013.
Aplikasi Perpustakaan offline dengan Microsoft Access 2013, ini paling tidak dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas kuliah.
Simak terus bagaimana cara membuat Aplikasi Perpustakaan demgam Ms Access
Cara Membuat Aplikasi Perpustakaan
Pembuatan Aplikasi Perpustakaan dengan menggunakan Ms Access 2013 membutuhkan beberapa tahapan sebagai berikut:1. Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Access
2. Pilih Blank Database (Pembuatan Database baru)
3. Ketikkan nama Database misalkan: Perpustakaan, dan letakkan pada folder Anda
Persiapan Pembuatan Tabel
Buatlah beberapa tabel yang dibutuhkan pada Aplikasi Perpustakaan untuk melakukan pencatatan data peminjaman buku dan pengembalian buku, daftar buku, daftar peminjam, dst.Agar lebih mudah dipahami buatlah tabel menggunakan tipe Table Design. Baca: Cara membuat Database dan Tabel secara lengkap.
Beberapa tabel yang dibutuhkan sebagai berikut:
1. Buat tabel Siswa (sebagai peminjam)
2. Buat tabel Buku
3. Tabel Transaksi (tempat menyimpan data peminjaman)
Pembuatan Relationship
Setelah membuat tabel jangan lupa buatlah hubungan antar tabel/Relationship (baca juga: cara membuat Relationship di Ms Access 2103), seperti gambar dibawah ini:Setelah pembuatan tabel dan relationship selesai, maka silahkan dilanjutkan Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-2 yaitu pembuatan Form Siswa untuk mencatat data siswa atau mereka yang boleh melakukan peminjaman buku.
0 Response to "Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Microsoft Access Part-1"
Posting Komentar
Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar