-->

Iklan header

Tutorial Ms Access : Membuat Aplikasi Admin Sederhana Part 1

Membuat Aplikasi Admin Sederhana Part 1


Pada tutorial Ms Access kali ini terinspirasi dari para pembaca blog ini yang sedang belajar tentang Ms Access dalam mengolah data. Saya akan mencoba untuk membuat aplikasi Admn sederhana mulai dari membuat tabel sampai dengan report dengan cara yang mudah dipahami. Pembuatan ini semua menggunakan fasilitas wizard dari Ms Access 2007. Langsung saja ke inti permasalahan tentang apa saja yang harus dipersiapkan atau yang harus dibuat.


Apa saja yang harus dipersiapkan pada bagian ini 


Yang harus dipersiapkan dalam membuat aplikasi admin sederhana yaitu :
1. Jalankan aplikasi Ms Access 2007 dan buat database baru misalkan namanya Db_Admin.Accdb

2. Buatlah tabel untuk menyimpan data barang dan simpan dengan nama TbBarang seperti pada contoh dibawah ini (field name pada tabel silahkan anda modifikasi agar menjadi lebih baik lagi) :


Tutorial-Ms-Access-:-Membuat-Aplikasi-Admin-Sederhana-Part-1

Keterangan : 
- Field name kode diberi primary key


3. Buatlah tabel untuk menyimpan data para operator yang mengoperasikan baik input data barang ataupun nantinya untuk penjualan, disini saya beri nama tabel kasir atau TbKasir (field name pada tabel silahkan anda modifikasi agar menjadi lebih baik lagi) seperti gambar dibawah ini :


Tutorial-Ms-Access-:-Membuat-Aplikasi-Admin-Sederhana-Part-1

Keterangan : 
- Field name kode diberi primary key
- Jika terdapat gambar kunci di depan nama field maka harus diberi primary key 
 

4.  Buatlah tabel untuk menyimpan data transaksi penjualan dan berinama TbPenjualan (field name pada tabel silahkan anda modifikasi agar menjadi lebih baik lagi) seperti gambar dibawah ini : 


Tutorial-Ms-Access-:-Membuat-Aplikasi-Admin-Sederhana-Part-1

Keterangan : 
- Field name Nota diberi primary key
- Pada field Kd_ksr (Kode) silahkan Anda gunakan data type : Lookup wizard karena data tersebut sudah ada pada tabel TbKasir yang nantinya dihubungkan ke tabel TbPenjualan pada pembuatan Relationship (artikel berikutnya)

5. Buatlah tabel untuk menyimpan data detail penjualan dan simpan dengan nama TbDetailJual (field name pada tabel silahkan anda modifikasi agar menjadi lebih baik lagi) seperti gambar dibawah ini:

Tutorial-Ms-Access-:-Membuat-Aplikasi-Admin-Sederhana-Part-1


Keterangan : 
- Pada field Nota  silahkan Anda gunakan data type : Lookup wizard karena data tersebut sudah ada pada tabel TbPenjualan yang nantinya dihubungkan ke tabel TbDetailJual pada pembuatan Relationship (artikel berikutnya)
- Pada field Kd_brg (Kode) silahkan Anda gunakan data type : Lookup wizard karena data tersebut sudah ada pada tabel TbBarang yang nantinya dihubungkan ke tabel TbDetailJual pada pembuatan Relationship (artikel berikutnya)


Sampai disini dulu untuk tahapan pertama dimana tabel yang Anda gunakan nanti dalam mengolah data admin sudah siap, dan untuk datanya tidak perlu diisi karena akan Anda isi melalui fasilitas Form. Itulah tutorial Ms Access:Membuat aplikasi Admin sederhana part 1. Untuk lebih jelas dapat melihat video tutorialnya diSini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca terutama para pemula yang belajar Ms Access.


2 Responses to "Tutorial Ms Access : Membuat Aplikasi Admin Sederhana Part 1"

  1. kalo artikel yang sambung menyambung kasih linknya dong min ke artikel lanjutannya

    BalasHapus
  2. Terima kasih teman-teman yang sudah komentar, Untuk link lanjutan postingan berikutnya akan kami coba perbaiki dulu...Sukses buat teman-teman semuanya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel